Webcam

            Kali ini saya akan share salah satu bagian dari peripheral komputer yaitu "Webcam". Pastinya anda sudah tau  apa itu webcam. Menurut yang anda ketahui mungkin webcam itu digunakan buat foto-foto, video, mungkin chatting juga, ya kurang lebih seperti itu. Tapi di sini saya akan membahas apa itu Webcam, fungsi, jenis-jenisnya dan perbaikan peripheral. Check it out





Webcam singkatan dari web dan camera yaitu real-time (sebutan bagi keadaan pada saat itu juga). Yang gambarnya dapat dilihat secara langsung di internet (World Wide Web), program instant messaging (Yahoo messenger, AOL instant messenger, Windows Live Messenger, Skype), atau aplikasi video call.Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, biasanya kata web diganti dengan kata lain yang artinya mendeskripsikan suatu pemandangan di tampilkan pada kamera.Misalnya streetcam yang memperlihatkan pemandangan di jalan dan ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan desa dan panorama kota. Dan ada pula Trafficcam yang mengawasi keadaan di jalan raya yang biasanya digunakan oleh polisi.

Webcam adalah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB ataupun port COM. Pada dasarnya webcam tidak membutuhkan kaset melainkan data yang diterima langsung dimasukkan ke tempat penyimpan yang da di komputer anda.


Sebuah webcam sederhana terdiri dari sebuah lensa standar (dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar), casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukan gambar, kabel support, yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sufut pandang  webcam. 

Jenis-jenis webcam: 


1) Serial and Parallel Port Webcam



Webcam jenis ini sudah terlalu tua dan jarang ditemukan. Camera memiliki kualitas gambar yang rendah dan rate yang rendah.

2) USB Webcam



Webcam jenis ini merupakan solusi bagi pengguna baru dan amatir. Mendukung fasilitas PnP (Plug and Play) dan dapat dihubungkan ke port USB tanpa harus mematikan komputer, tetapi syaratnya sistem operasi komputer harus mendukung fasilitas USB port.

3) Firewire and Card Based Webcam
Salah satu teknologi video capture device yang diperlukan bagi kamera yang mendukungnya. Pada umumnya webcam yang membutuhkan video capture device harganya mahal, akan tetapi dapaat menghasilkan frame rate tinggi, yaitu 24-30 frame frame per second (fps).

4) Network and Wireless Camera 
Network Camera adalah perangkat camera yang tidak memerlukan sama sekali fasilitas komputer, karena dapat langsung terhubung ke jaringan melalui modem. Transfer gambar dan suara langsung menjadi jaringan LAN atau line telepone via modem.



Masalah-masalah yang biasanya terjadi pada webcam:


a) Tidak ada gambar.
       ~Yang pertama, pastikan koneksi pada webcam. Misalnya saja Webcam port USB, coba periksa apakah kabel koneksi sudah terpasang dengan benar.
       ~Yang kedua, periksalah Device Manager pada Windows dan lihat apakah perangkat keras yang tercantum sudah tertulis dan terpasang dengan benar. Mungkin hardware tersebut diakui sebagai kamera tetapi driver belum diinstal. Jika terdapat tanda warna kuning maka itu menandakan adanya masalah.
      ~ Jika terdapat tulisan Device is not recognize padda windows Xp maka akan terdaftar pada other device.
      ~Jika anda mengalami kasus seperti gambar di bawah, anda dapat mencoba untuk mengupdate driver. Klik kanan perangkat, dan di menu popup pilih [Update Driver Software]. Kemudian ikuti petunjuk pada layar. Tetapi pastikan anda mengizinkan windows untuk pencarian web untuk driver yang diupdate. Lebih bagusnya jika ada CD Drivernya.




         
         ~Dalam tidak ada driver yang ditemukan untuk webcam, Anda dapat mencoba program pencari pihak ketiga (http://www.driverfinderpro.com/) yang membantu menemukan dan menginstal driver yang hilang.
         ~ Jika cara yang di atas gagal cobalah untuk unistal software webcam lalu instal ulang. Sebelum di instal ulang driver jangan lupa untuk merestart komputer anda.
         ~Jika sudah terinstal dengan benar dan anda masih belum bisa melihat gambar apapun pada tampilan video, mungkin ada masalah dengan pengaturan program. Kebanyakan progam chatting menggunakan opsi konfigurasi untuk memilih sumber video ke fitur webcam,
         ~ Beberapa webcam dan program chatting memerlukan software tambahan, misalnya program Java, Flash dan Software Quicktime harus dipasang dan up to date. Tapi tentu cek juga perangkat lunak DirectX, karena semua aplikasi video, termasuk webcam, DirectX digunakan untuk pemrosesan video.

b) Webcam tidak berfungsi sama sekali

         ~Periksa koneksi USB
         ~Periksa pengaturan software
         ~Periksa Device Manager


Cara perawatannya :
~Lakukan pembersihan terhadap lensa jika pada saat digunakan gambar yang tertampil terlihat agak buram atau rusak. Gunakan kain dan cairan pembersih.
~ Pastikan pada saat penggunaan kamera, kamera tidak berhadapan langsung dengan cahaya yang cukup kuat seperti cahaya matahari hal ini agar lensa kamera tidak cepat rusak dan hasil yang diperoleh akan lebih baik.
         

Comments
0 Comments

Post a Comment